Monday, September 9, 2013

PROFIL KELUARGA



Keluarga adalah hal ……
Dalam keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak. Didalam keluargaku kami memang lengkap terdiri dari :

Ayah          : Budi
Ibu            : Hafsah
Anak-anak  : ~ Nur atika
                 ~ Alfizahrin
                 ~ Sukmawati
                 ~ Yuliana
                 ~ Ismail

Awalnya keluargaku bisa dikategorikan sebagai keluarga kecil yang hidup bahagia, ayah dan ibuku memulai pernikahan mereka sekitar tahun 1990-an di Negeri jiran (Malaysia). Mereka bertemu disana ketika mereka saling mencari kerja. Dan pada tahun ± 1996 ayah dan ibuku akhirnya melahirkan aku sebagai anak pertama mereka di tempat itu. Ayah dan ibuku menetap di Negeri Jiran cukup lama sekitar ±7 tahun lamanya. Aku pun sempat menempuh jenjang pendidikan TK (taman kanak-kanak) sekitar 1 tahun. Namun ada hal yg membuat ayah dan ibuku kembali ke tanah air (Indonesia). Setiba di Indonesia, aku dan adik-adikku sedikit heran dan kagum melihat Indonesia tepatnya Sulawesi selatan yaitu Pinrang. Disinilah keluarga kecilku memulai kembali hidup baru dengan menyesuaikan diri dengan masyarakat setempat. Kebetulan Ayahku asli Enrekang yaitu suku Duri, sedangkan Ibuku asli Bugis. Dan aku tentunya asli blasteran antara Bugis dan Duri… :D 

        Bisa dikategorikan aku anak yang selalu dekat dengan Ayah ketimbang ibu, aku lebih suka bercanda dan bermain bersama Ayahku, lebih dekat sama ayahku juga. Namun bukan berarti aku tidak dekat sama ibuku. Tapi kebanyakan sanak-saudara dari ayah dan ibuku (tante & om) ketika bertemu denganku aku keturunan dari Ibuku dari segi akademis, tapi dari segi biologis aku keturunan Ayahku. Secara Ibuku bisa dikategorikan akademisnya bagus dan memiliki kemampuan diatas rata-rata ketimbang Ayahku. Ibuku Lulusan SMA, sementara ayahku hanya lulusan SMP saja. Namun aku mewarisi sifat pantang menyerah dari Ayahku. 

Ketika masa-masa SD aku sangat bahagia, bisa didampingi oleh kedua orang tuaku dengan penuh kasih sayang, namun ketika SMP, aku dipercayakan untuk ikut bersama Tanteku di Enrekang untuk menuntut ilmu disana dengan jenjang MTs (Madrasah Tsanawiah) Selama 3 tahun lamanya. Namun ketika kembali ke Pinrang untuk melanjutkan ke jenjang SMA, aku memilih SMK sebagai pilihan untuk belajar ditingkat yang lebih jauh lagi, disinilah KELUARGAku diuji dengan berbagai cobaan dan rintangan. Ayah dan Ibuku sering cekcok, adu mulut gak jelas, dan kadang-kadang mengeluarkan kata Kasar yang membuatku ingin meneteskan air mata… :(

        Awalnya aku cuek dengan masalah mereka, namun semakin aku beranjak naik ke kelas XII (Duabelas) Masalahnya semakin parah, Ibuku bahkan menggugat Ayahku… LL entah apa yang membuat mereka saling egois dan tidak memperhatikan aku dan adik-adikku. Disaat itu aku hanya bisa terus menikmati hidup dengan terus berdoa agar mereka tidak benar-benar berpisah. Dan aku berharap mereka bisa kembali seperti dulu lagi. Hanya itu…………… 

        Aku sekarang anak mereka yang paling tua, di usia 17 tahun ini semoga aku bisa jadi kakak yang terbaik buat adik-adikku. Adikku yang ke-2 yaitu Alfizahrin (sekarang sekolah di SMK 2 Pinrang), dan yang ke-3 yaitu Sukmawati (Sekarang sekolah di SMPN 1 Duampanua), dan yang ke-4 yaitu Yuliana (Sekarang sekolah di Pesantren DDI Kaballangang), dan yang paling Bungsu dan yang paling bandel si lillte monster Ismail (Sekarang sekolah di SD 114 Patampanua).

Itulah sedikit Profil tentang keluargaku yang sederhana, semoga kalian bisa dapat hikmah dari kisah keluargaku… :)


0 comments:

Post a Comment